Selamat Datang. Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.

Monday 12 November 2012

PROTOTYPING

Haloo....

Kali ini saya akan menjelaskan tentang prototyping.

Pada hari jumat lalu (9/11/2012) materi yang saya pelajari adalah mengenai model prototyping. Tapi sebelumnya saya akan menjelaskan tentang apa maksud dari prototype/prototyping.

Prototype adalah sebuah model di mana "model awal(model asli) yang menjadi contoh."
Model prototype ini sangat membantu jika dalam membuat sebuah program customer sulit untuk mendefenisikan keinginan dan kebutuhannya. Ini juga berguna bagi developer jika developer kurang yakin akan desain yang dia buat untuk menghindari kesalahan pengertian dengan customer.



Prototype yang dibuat terbagi 2 jenis yaitu :
  1. Close-ended Prototyping
        Disebut juga throw-away Prototyping.
        Hanya menyajikan demonstrasi kasar dari pemenuhan requirments(permintaan)
        untuk kemudian dibuang, dan pengembangan akan menggunakan model yang
        berbeda.

    2. Open-ended Prototyping

        Disebut juga Evolutionary Prototyping.
        Menjadi bagian awaldari aktivitas analysis dan akan dilanjutkan hingga desain dan
        pengembangan.

Dalam pembuatan sebuah program ada baiknya developer membuat program visual agar lebih mudah dalam pengembangan program apalagi menggunakan model prototyping. Kemudian prototype juga harus dapat dikembangkan(reuse) untuk menyempurnakan program.

Mungkin ini saja yang dapat saya jelaskan. Lebih lanjut dari prototyping akan saya pelajari lagi.

Sekian. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment