Selamat Datang. Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.

Monday 26 November 2012

SIM-SE

Sekarang saya akan membahas tentang game yang telah diberikan kepada kami untuk dimainkan. Game ini merupakan gambaran tentang cara pembuatan software menggunakan model yang berbeda-beda yaitu:
1. Incremental model
2. Prototyping model
3. Waterfall model

Game pertama yang saya mainkan adalah incremental. Pertama saya bingung dan pusing saat melihat game ini, tetapi setelah beberapa kali mencoba dan menganalisis saya jadi keasyikan bermain hingga dari cuma coba-coba main tapi saya bermain hingga 3 jam. Nilai yang saya dapat terus meningkat hingga saya mendapat score 100. Pada game ini strategi yang saya lakukan cukup membuat developer melakukan semua perintah yang ada dan dilakukan bersama-sama hingga tidak ada lagi tugas yang ditampilkan. Menurut saya game increment ini hanya perlu meningkatkan setiap pembuatan model mencapai hasil yang maksimal tanpa harus berurutan.

Game kedua yang saya mainkan adalah prototyping. Saya bermain game ini jauh lebih lama dari increment. Diawal saya dapat angka yang cukup jelek, tetapi setelah saya menganalisis lagi dan mencoba berbagai cara saya hanya mendapat skor 79 dan itu terus berulang-ulang walaupun sudah saya coba terus-menerus. Setelah mendapat saran untuk mengganti beberapa perintah awal dan lain-lain, saya akhirnya mendapat skor 80 ke atas. Yang saya tangkap dari game ini adalah susahnya mengembangkan sebuah model yang harus terus-menerus diperbaiki setiap saat  jika tidak sesuai dengan keinginan pelanggan.

Game ketiga dan terakhir dan tersulit adalah Waterfall. Saya pusing saat memainkan karena banyak pemain dengan banyak perintah dan lain-lain. Saya bermain dan mendapat skor 0 atau 30 pada awal saya bermain. Saya mendapat beberapa tips dari teman tentang permainan ini dan strategi yang dapat membantu menyelesaikan software dalam game ini. Cukup dengan bermain pada gaji pemain yang dapat membuat mood yang bagus dan pengendalian skill masing-masing pemain. Yang saya dapat dari game ini adalah bahwa pada pengembangan software kemampuan developer harus sesuai dengan tugas yang diberikan untuk memperbesar pencapaian target dari penyelesaian software.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan. Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment