Selamat Datang. Terima Kasih telah mengunjungi blog ini.

Monday 3 December 2012

MODEL DATA


Kembali lagi saya akan menjelaskan mengenai Model Data yang telah saya pelajari pada pelajaran RPL jumat lalu.

Ini adalah contoh arsitektur dalam pembuatan ERD:


 

  • View:
        View adalah goal atau hasil(output) dari logical level. View sangat dipengaruhi dari
        model data yang telah dibuat. Jika model data kurang benar maka bisa terjadi
        perubahan pada view.


  • Logical level:
        Logical level adalah tahap dimana model data dibuat. Di sini hasil yang dibuat akan
        sangat mempengaruhi view. Pada logical level pembuatan model data harus benar,
        karena jika ada perubahan pada physical level tidak mempengaruhi view dari logical
        level.
  • Physical level:
        Tahap dalam membuat fisik dari sistem.

 Nah, dalam pembuatan ERD pada kelompok saya(mengenai Pizza Hup) karena dari model flowchart yang sudah saya dan kelompok saya buat, kami membuat ERD yang cukup sederhana. Hanya memiliki dua entitas. Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa dalam membuat sebuah ERD itu sangatlah sulit(menurut saya) karena tidak boleh salah menganalisis input, proses, output (IPO). Kadang model fungsi salah kami artikan dalam membuat entitas, atribut, atau relasi.

 Mungkin pembahasan kali ini belum cukup menjelaskan mengenai ERD. Tapi untuk lebih lanjut akan saya pelajari dari materi berikutnya.

Sekian blog saya kali ini.

No comments:

Post a Comment